Halaman

Sabtu

Yuk.. belajar Algoritma dan Pemograman


Program adalah kata, ekspresi, pernyataan atau kombinasinya yang disusun dan diranngkai menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah untuk menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemograman sehingga dapat dieksekusi oleh komputer
Pemograman adalah proses menginplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan suatu bahasa pemograman.
Pemograman terstruktur merupakan proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program yang memiliki rancangan bangun terstruktur dan tidak berbelit- belit sehingga mudah dipahami dan dikembangkan oleh siapa saja.
Ciri Teknik pemograman Tersruktur :
a.    Mengandung algoritma pemecahan masalah yang tepat, benar, sederhana, standar, dan efektif
b.    Memiliki struktur logika dan struktur program yang benar dan mudah dipahami serta menghindari penggunaan instruksi GOTO
c.    Membutuhkan biaya testing, pemeliharaan dan pengembangan yang rendah
d.    Memiliki dokumentasi yang baik
Untuk menentukan standar program yang baik dibutuhkan beberapa standar sebagai dasar penilaian seperti ini :
-       Teknik pemecahan masalah
-       Penyusunan program
-       Perawatan program
-       Standar prosedur
Teknik pemecahan masalah
A.   Teknik Top- Down
Teknik pemecahan masalah yang paling umum digunakan, dimana suatu masalah yang kompleks dibagi- bagi ke dalam beberapa tingkatkan kelompok masalah hingga subbagian yang paling kecil. Setelah itu kemudian disusun langkah- langkah untuk menyelesaikannya secara detail.

B.   Teknik Bottom-up
Teknik pemecahan masalah yang mulai ditinggalkan karena sulit untuk ;melakukan standarisasi proses dari prosedur- prosedur yang ada untuk digabungkan menjadi satu kesatuan.

Pemograman modular
            Kelompok masalah yang paling kecil dari beberapa krlompok masalah disebut modul dan teknik pemograman tersruktur yang digunakan untuk mengimplementasikan langkah- langkah pemecahan masalah pada kelompok masalah yang kecil tersebut dikenal dengan sebutan teknik pemograman modular.       

Kriteria pemograman yang baik yaitu :
a.    Mampu menyusun algoritma dengan baik
b.    Menguasai bahasa dan teknik penulisan yang program dengan baik
c.    Dapat bekerja sama dalam suatu tim kerja
d.    Dapat bekerja secara efisien dan tepat waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar