Halaman

Kamis

Cara kerja DNS


Cara kerja DNS :
·         Fungsi dari DNS adalah menerjemahkan nama komputer ke IP address (memetakan).
·         Client DNS disebut dengan resolvers dan DNS server disebut dengan name servers.
·         Resolvers atau client mengirimkan permintaan ke name server berupa queries.
·         Name server akan memproses dengan cara mengecek ke lokal database DNS, menghubungi name server lainnya atau akan mengirimkan message failure jika ternyata permintaan dari client tidak ditemukan.
·         Proses tersebut disebut dengan Forward Lookup Query, yaitu permintaan dari client dengan cara memetakan nama komputer (host) ke IP Address.
·         DNS bekerja dalam modus klien server. Dalam arti ada klien yang mencari nama atau alamat IP, kemudian ada server yang memberikan informasi dimana nama atau alamat IP tersebut diakses.
·         Server DNS yang paling banyak digunakan di lingkungan UNIX adalah BIND.
·         Misalnya seorang pengguna yang berada dalam jaringan atau network telkom, dengan menggunakan browser internet explorer mengakses situs http://www.telkom.co.id.
·         Maka langkah pertama yang dilakukan browser adalah bertanya kepada resolver di komputer tersebut berapa IP address dari www.telkom.co.id.
·         Resolver akan mencari jawaban dengan melihat isi dari cache. Apabila situs tersebut pernah diakses sebelumnya maka informasi mengenai situs tersebut (IP address) telah ada dalam cache dan resolver akan segera memberitahu jawabannya ke browser.
·         Namun bila jawabannya belum ada dalam cache, maka resolver akan mengontak DNS server lokal yang menjadi defaultnya (DNS server Telkom) dan memberi jawabannya ke browser.
·         Dalam kasus yang berbeda jika name server tidak mengetahui jawabannya atau name server tidak autoritative untuk zona tersebut. Maka name server ini akan bertanya kepada name server lain yang lebih autoritative yaitu Root DNS.
·         Root DNS pasti mempunyai database yang dimaksud dan memberikan kepada DNS server lokal. Root DNS memuat seluruh daftar nama yang ada di dunia.
·         Misalnya seorang pengguna yang berada dalam jaringan atau network Telkom mengakses situs http://www.google.com Resolver akan mencari jawaban di cache, apabila ada maka langsung diberikan ke browser dan apabila tidak ada maka resolver akan mengontak DNS server lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar